Selasa, 05 Oktober 2010

LAPTOP MATI TOTAL

Pada saat ini laptop sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang dan sudah menjadi gaya hidup, oleh karena itu pihak produsen menjadikannya produksi massal, akibatnya quality control sering diabaikan, sehingga kadang untuk beberapa merek tertentu sering ditemukan banyak kerusakan. Hal ini disebabkan oleh mutu dari produk tersebut dan dari faktor cara pemakaian dan perawatannya.
Kerusakan hardware yang terjadi pada laptop bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis dan spesifikasinya, karena perbedaan karakteristik tersebut penyebab dan penanganannyapun berbeda-beda. Secara umum laptop mati total disebabkan oleh masalah-masalah sebagai berikut :
1. Power pembangkit IC lemah atau mati, sehingga daya atau arus listrik tidak sampai ke prosesor, menyebabkan laptop tidak bekerja semestinya. IC / integrated circuit,
IC adalah komponen semikonduktor ekuivalensi dari ratusan atau bahkan ribuan komponen lain. Tetapi IC mempunyai komponen terpisah, rangkaian dibentuk pada sekeping kecil silikon. Dengan cara ini rangkaian yang sangat rumit dapat dibuat pada ruangan yang sangat kecil. Ada dua komponen utama rangkaian terpadu yaitu : TTL (Transistor Transistor Logic) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor). Kedua komponen rangkaian terpadu ini meliputi IC Digital. Keluarga CMOS juga meliputi IC-IC analog dari beberapa IC yang memiliki rangkaian analog dan digital pada chip yang sama.
IC fungsinya membagi arus listrik bagi komponen-komponen lainnya. Lakukan pemanasan dengan solder uap pada kaki-kaki IC. Kalau perlu penggantian dengan IC yang sejenis
2. Prosessor lemah atau mati, sehingga tidak dapat mengatur proses secara keseluruhan, lakukan penggantian prosesor yang sesuai dengan socketnya
3. Sekering atau fuse sekitar power supply mati karena lonjakan arus listrik, hal ini bisa diatasi dengan penggantian fuse yang sejenis, atau bisa dilakukan pengetesan dengan kawat email.
4. Adaptor laptop lemah atau mati, sehingga kurang menyuplai arus. Coba dengan adaptor lain
5. Batere BIOS pada seri lama meleleh sehingga mengenai rangkaian dan korslet
6. VGA card rusak sehingga arus yang melewati VGA akan berhenti dan tidak ada tampilan di layer
7. Jack adaptor kendor atau lepas, sehingga arus tidak masuk ke laptop, kuatkan jack adaptornya dengan solder
8. Chipset mati atau rusak sehingga tidak ada arus yang diteruskan
9. Ada jalur yang rusak, hilang atau terputus, proses ini memerlukan ketekunan dan kesabaran untuk mencari penyebabnya
10. Laptop bisa dinyalakan, tetapi tidak ada tampilan di layer, jika tombol Caps Lock ditekan lampu indicator tidak nyala hal ini berarti prosesor dan RAM mati.
11. Laptop berfungsi normal, tetapi di layer hanya muncul bayangan tanpa ada cahaya. Hal ini terjadi karena inverter rusak, sehingga neon tidak nyala, solusinya ganti inverter. Neon pada lcd yg mati harus diganti dengan yg sejenis.

diotrefes@nick.la

4 komentar:

  1. halo bro…bantuin sy donk…4 hr lalu laptop (lenovo G230) mati total….
    padahal ni laptop gk ad tanda2 bakal mati total (panas enggak, 100% gk da virus, lambat jg enggak….intinya normal lah…) aq pake baterai (yakin 100% gk rusak) sekaligus “ngecas kebetulan mo abis

    pas dipakai sktr 30 mnt ngetik….eehhh…mendadak mati total tanpa ad tanda kehidupan (kipas gk nyala, hardisk gk jalan, lampu indikator jg gk da yang nyala) …. awalny aq kira cukup update bios sperti laptop temanQ yg jg mati total yg disebabkan instal pake FD …..

    aq coba menyalakan pake “cas tanpa baterai gk nyala….pake baterai sj jg gak nyala……kira2 apa yg rusak tuh bro??? thanks

    BalasHapus
  2. bro, klu dari apa you sampekan, kejadiannya sama dengan punyaku, itu terjadi karena ada gesekan / split antara motherboard dan listrik, coba cek lagi motherboardnya, mungkin aja motherboardnya yang kena. biasanya klu semua penghantar listrik normal maka terakhir adalah motherboardnya jadi kemungkinan kerusakan ada pada motherboardnya bro...!!

    BalasHapus
  3. saya juga kemaren seperti itu (barus ekitar 9 bulan lalu ganti moterboard) tapi sekrang leptop saya mati lagi (merek Acer) ada kemungkinan kerusaan yg sama ga? klo jual acer yg mati total kira2 laku berapa ya?

    BalasHapus
  4. yahh.. kasihan bagent bro yang pasti ada kerusakan yang sama, klu udah seperti gitu matinya di jual ke pemakai jg mungkin ga ada yg mw beli..tp klu ke teknisi pasti 1,5 juta tu harganya... !

    BalasHapus