Sabtu, 16 Februari 2008

Berterima kasih pun, aku lupa!

Benar adanya bila bagiku, Tuhan adalah tempat untuk memohon. Dan benar adanya bila sudah begitu banyak rahmat yang dicurahkannya bagiku. sebenarnya bukan pada caraku memohon yang entah itu menggunakan novena atau menjanjikan sesuatu kepada-Nya (silih?), namun saat ini baru aku menyadari betapa Dia begitu pemurah lagi pengampun.

Lulus SMU aku memohon supaya dapat melanjutkan studi di universitas negeri yang kuinginkan dengan janji bila diterima maka aku akan berziarah ke gua maria dengan berjalan kaki dari tempatku indekost. namun bahkan sejak aku diterima hingga aku lulus dari universitas tersebut, janji tersebut belum juga terlaksana. Selain itu aku juga berjanji pada-Nya untuk membersihkan atau lebih tepatnya mengepel sebuah kapel dimana aku sering berdoa sebelumnya.

saat mengerjakan skripsi, aku berjanji akan merealisasikan janji-janjiku sebelumnya. skripsi pun dapat kuselesaikan hanya dalam kurun waktu 2,5 bulan. Namun setelah ujian pendadaran hingga aku diwisuda, aku sama sekali belum merelealisasikan janjiku tersebut.

Saat ini aku hanya mampu merasa malu. Betapa berterima kasih pun aku lupa, apalagi untuk menepati janji-janjiku kepada Tuhan. Kusadari betapa Tuhan maha pemurah dan pengampun. karenanya, apa yang kuminta dan telah diberikan-Nya, bukanlah disebabkan janji-janji yang kulontarkan. Tapi lebih karena Tuhan adalah Pemurah lagi pengampun. Terima kasih Tuhan!

Allah Datang Dengan Banyak Cara

saudara ku sekalian yang terkasih, kisah ini ku tuliskan sebagai bentuk keimanan ku pada Allah yang Kudus dan bentuk kasih Bunda Maria yang sungguh menguatkan perjalanan kehidupan ku dalam berkeluarga.

Saudaraku yang terkasih, dengan segala kerendahan hati saya mohon janganlah beranggapan bahwa kesaksianku ini di anggap bentuk gaya-gayaan / bangga-banggaan pada diri saya, tetapi jauh dari pada itu, semua ini adalah ujut shyukur ku pada Bapa di surga bahwasanya Ia selalu berada dekan pada umatnya dan kasihnya melimpah bagi kita semua.

pada awal rencan perkawinan kami semua memang ada saja halangan hingga tertunda sampai hampir 2 tahun, setelah menikah kami tidak ber KB, dan 1 tahun pernikahan kami belum juga dipercaya Allah untuk mendapatkan buah cinta kasih pernikahan kami. Akhirnya kami periksakan diri kami ke dokter di RS MItra keluarga Jatinegara, dokter (dr. Fras Putuhena) menyarankan saya sebagai suami untuk tes sperma, sedangkan istri saya harus menjalani HSG. Tiga hari berikutnya kami diminta datang untuk membicarakan hasilnya, tepat tanggal 24 Desember 1999, sore menjelang kami akan menyambut perayaan natal, dokter yang memeriksakan kami menyatakan ada masalah di tubuh istri saya, dokter menyatakan bahwa kedua saluran tuba istri saya tertutup, sehingga sperma tidak dapat menuju tempat pembuahan, bagai petir menyambar kepala istri saya, dia menangis meraung2 sejadi jadinya di ruang dokter tersebut, saya mencoba memberi kekuatan padanya, walaupun pada akhinya dia dapat berhenti menangis, tetapi perasaanya saat itu saya tahu pasti sangat hancur, mengapa disaat malam natal kami harus menerima ini semua, jujur saja saat itu saya cukup dapat mengendalikan hati saya dengan cara berpasrah pada Allah melalui bunda terkasih.

dr. Fras. saat itu memberikan beberapa alternatif dan peneguhan kepada kami sebagai umat katolik, kebetulan beliau sendiri pemeluk katolik, beliau menyarankan untuk operasi dengan biaya sekitar 20 jutaan dengan hasil sekitar 20 % keberhasilan, lalu bisa juga dengan proses bayi tabung, yang biayanya lebih mahal lagi dengan keberhasilan 20 %, tetapi itu dilarang sebagai pemeluk katolik (sungguh luar biasa dr. itu, masih memikirkan masalah imam, dalam hati saya)

semua itu tidak ada yang kami jalani, karena sejak saat itu istri saya sudah tidak mau lagi menginjakan kakinya ke rumah sakit manapun.

diusia pernikan kami yang ke 2,5 tahun, kami sempat berobat sejenis prana dengan peneguhan dalam doa bersama Sr. Lucia (di Strada Pejaten) Sr. Lucia ini cukup menguatkan kami secara iman dan istri saya terutama dapat kebesaran hati, melalui shering2 yang dilakukan dengan Sr. Luci, Sr. Luci sangat memberi kami keyakinan bahwa Allah akan memberikan kepercayaan itu kepada kami berdua.

1 bulan, sebelum hari pernikahan kami yang ke tiga, secara tidak sengaja kami bertemu dengan Romo Bintoro yang pernah membimbing kami untuk masalah pernikan kami dulu, beliau juga membesarkan hati kami dengan mengatakan “bahwa tanpa anak bukan berarti perkawinan yang dikuduskan melalui sakramen, harus menjadi hancur” . Beliau secara kusus akan mendoakan kami untuk perkara yang satu ini, dan saya juga secara pribadi berdoa Novena kepada Ibu Maria, apa bila ibu berkenan memberi kepercayaan padaku, saya akan mempersebahkan anak ini untuk kau pakai sebagai alatmu, demi kebahagian orang banyak.

Cuma Allah yang dapat membuat ini semua terjadi.

2 minggu menjelang hari pernikahan kami yang ketiga Allah memberi hadiah ulang tahun perkawinan kami dengan membuat seorang janin laki-laki dalam rahim istri saya, sungguh luar biasa, ini adalah hadih ulang tahun perkawinan saya yang terindah, sekaligus hadiah paskah yang kuterima dari Allah.

Ditengah ketakjubpan kami atas yang diperbuat Allah pada kami, muncullah masalah baru, menjelang malam paskah (usia kehamilan 6 minggu) istriku mengalami pendarahan hebat, saya Cuma dapat berdoa “ Bapa apakah engkau akan memberi kabar menyakitkan seperti menjelang natal tahun 2 tahun lalu ke pada istriku “

Segera kami melarikan istriku ke RS Mitra, dan di sana ditangani dr. Frans dengan sangat cermat. Dan menurut hasil USG ternyata janin yang ada dirahim istriku masih sangat aktif sekali, ini juga membuat keheranan ke dua yang dialami dr. Frans. Dia cuma berkata Cuma Allah yang dapat membuat ini semua. Akhirnya setelah ditangani secara medis, istriku boleh pulang kerumah tanpa harus rawat inap, tetapi istriku harus menjalani badtres selama 6 bulan.

Puji Tuhan waktu kelahiran tiba 2 minggu lebih cepat dari perkiraan dari perkiraan 8 Desember, maju menjadi 28 November.

Anakku lahir dengan operasi, karena setelah istriku bergulat dengan maut selama hampiar lebih dari 9 jam mengalami kontraksi dikamar bersalin, dokter memutuskan untuk operasi, dan ternyata memang si bayi terlilit tali pusat.

Puji dan sembah kuhaturkan pada Mu Bapa atas kepercayaan ini, lengkapilah kekurangan kami dalam membesarnya Anak Mu ini.

Bayi ini kuberi nama “ Natanael Prasanna Bintang Hendritama” , harapan kami bayi kami ini akan meneladani Rasul Natanae, dan Prasanna yang berarti Anak yang membahagikan orang banyak (sangsekerta) Bintang pemberian yang utama. Yang kalau boleh kami artikan Anak yang akan membahagiakn orang banyak diberikan Allah sebagai anak pertama kami. Semoga dan semoga….

Saudaraku yang terkasih, ini semua kiranya merupakan bahan refleksi bagi kami akan cintanya Allah Bapa kepada semua umat manusia, karena rahmat yang diberikan Allah bagi siapa saja diberikan secara Cuma – Cuma, tinggal bagai mana kita menerima semua rahmat itu. Saya dengan segala kerendahan hati mengajak semua saja yang membaca kisah ini untuk mensyukuri dengan kasih keilasan atas apa saja yang telah diberikan Allah dalam kehidupan kita ini.

Dan marilah kita mendoakan Bapa Kami 1 x agar rahmat ini juga dapat dialami oleh setiap pasangan yang sangat merindukan buah hati, serta untuk kebahagian kasih bagi anak – anak yang terbuang dan teraniyaya.

Teriring terima kasihku pada Romo Bintoro yang meneguhkan kami dalam pengharapan Sr. Luci yang meneguhkan kepercayaan iman kami Dr. Frans Putuhena. Yang menangani kami secara medis Dr. Liliana Sugiarto yang telah membesarkan hati kami Keluarga besarku yang penuh kasih memberikan keyakinan pada istiku Teman dan sahabat yang tiada hentinya mendoakan kami Dan umat Alllah yang selalu dalam pengharapan. Salam hormat kami untuk saudaraku sekalian.

Mobil Selam Pertama Didunia

SELAMA ini, mungkin kita hanya menyaksikan mobil berjalan di dalam air lewat film laga James Bond, seperti The Spy Who Loved Me. Sekarang mobil tersebut nyata dan akan dipamerkan pada Geneva Auto Show, Maret mendatang.

Seorang Chief Executive perusahaan automotif Swiss, Frank Rinderknecht yang membuat fiksi itu, menjadi kenyataan. Di bawah naungan Rinspeed, Rinderknecht benar-benar menciptakan mobil yang dapat berjalan, berenang, dan menyelam di dalam air. Rinderknecht menyebut karya unik tersebut, dengan sQuba Concept.

Penciptaan sQuba menghabiskan biaya sebesar USD1,5 juta atau sekira Rp13 miliar. Hadirnya sQuba didasari pada impian dan obsesi Rinderknecht yang terinspirasi dari mobil canggih di film-film Bond, seorang ikon mata-mata Inggris fiktif. Rinderknecht mengklaim mobil yang akan dipajang di pameran mobil Jenewa pada 6-16 Maret 2008 itu, sebagai mobil pertama yang dapat menyelam di dalam air. Dia merasa sangat bangga karena impiannya telah terwujud.

"Selama tiga dasawarsa saya membayangkan apakah mungkin menciptakan sebuah mobil yang dapat berjalan di bawah air. Sekarang kami telah menjadikan mimpi itu sebagai kenyataan," ujar Rinderknecht. Tidak seperti kendaraan amfibi militer yang hanya bisa bergerak lambat, penggemar fanatik film-film Agen 007 itu menyatakan, sQuba dapat "melayang" stabil di air dengan kedalaman 10 meter (30 kaki). Bersama tim ahli teknik mesinnya, Rindeknecht memodifikasi sedan sport dengan mengganti mesin pembakaran dengan beberapa motor elektrik sebagai penggerak baling-baling.

Dua baling-baling diletakkan di belakang kendaraan sebagai tenaga penggerak mobil saat menyelam. Sedangkan ketika di darat, tenaga dari motor listrik dialirkan ke roda belakang. "Kita senantiasa menciptakan mobil-mobil yang belum pernah diciptakan siapapun sebelumnya. Jadi mengapa kita tidak menciptakan mobil yang dapat menyelam," tandas Rinderknecht, pimpinan perusahaan yang telah meluncurkan beberapa model kendaraan revolusioner seperti Rinspeed Senso, Rinspeed Splash dan Rinspeed Advantige Rone.

Dari tampilan luar, Squba Concept terlihat biasa saja. Gayanya seperti mobil sport Lotus Elise atau kendaraan sport listrik Tesla Coupe. Bedanya pada bagian depan dengan tambahan sayap dan pada samping dipasang sayatan berbentuk sirip ikan hiu. Kecanggihan teknologi mobil ini terletak pada material bodinya yang menggunakan bahan karbon nano tube. Bahan ini sangat ringan, tetapi kuat menahan tekanan tinggi, seperti tekanan air di dalam laut. Penumpang dan pengemudi duduk di dalam kabin yang nyaman dan cukup lega.

Untuk bernapas saat menyelam, dipasang sistem pasokan udara canggih yang dapat mengatur secara otomatis berapa besar kebutuhan oksigen di dalam kabin. Meski mobil selam itu diyakini aman, keselamatan dalam keadaan darurat tetap dihitung. Karena itu, sQuba dibuat dengan kabin terbuka agar pengendara bisa dengan mudah keluar dalam keadaan darurat. "Dengan kabin tertutup, membuka pintu mobil (di dalam air) tidak memungkinkan," kata Rinderknecht. Dia mengakui memang sangat sulit mewujudkan mobil selam itu. Sebab, mobil itu harus benar-benar kedap air dan bisa mengatasi besarnya tekanan air yang membuat mobil sulit bergerak bebas.

"Tantangan sesungguhnya adalah bagaimana membuat mobil di bawah air bisa lincah meliuk-liuk seperti ikan," katanya.

Rinderknecht berharap, sQuba dapat diproduksi secara massal dalam waktu dekat. Kini pihaknya tengah mendiskusikan produksi sQuba secara massal dengan beberapa perusahaan automotif komersial. Berapa harga jualnya belum ditentukan karena masih menunggu respons konsumen. "Soal harga, nanti akan sedikit lebih murah dari Rolls Royce," sebut Rinderknecht.

"Begitu banyak mobil-mobil berkonsep yang menawarkan teknologi baru. Segala hal yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kendaraan, perbaikan atau pengurangan bobot material sambil tak melupakan kekuatan merupakan hal-hal yang tak boleh dilupakan dalam penciptaan mobil berkonsep," ujar John Cabaniss dari Association of International Automobile Manufacturers di Washington, saat mengomentari karakteristik sQuba.

Rinderknecht mengungkapkan, sQuba menggunakan listrik yang dipasok dari baterai litium-ion. Kelebihan lainnya, sQuba disebut sebagai mobil yang ramah lingkungan karena emisi karbonnya nol. "sQuba tidak memproduksi emisi gas buang. Listrik yang menggerakkan sQuba, diisi dari reservoir. Swiss termasuk salah satu negara pionir dalam hal pembangkit listrik tenaga air," katanya.

Cabaniss menilai, penggunaan baterai Lion disetiap mobil yang diluncurkan Rinderknecht, bakal menjadi patokan setiap perusahaan automotif dunia. Menurutnya, industri mobil secara umum akan terus mengupayakan bagaimana menciptakan segala sesuatunya secara elektronis. cycle creative.